Kamis, 14 Januari 2016

Mengawas Tanpa Batas, Memeriksa Dengan Integritas Dan Mengawal Pemerintahan Menuju Kesejahteraan Rakyat Indonesia



Mengawas Tanpa Batas, Memeriksa Dengan Integritas Dan Mengawal Pemerintahan Menuju Kesejahteraan Rakyat Indonesia
Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) adalah sebuah lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara. Peran dan tugas pokoknya bisa diuraikan dalam dua hal. Pertama BPK adalah pemeriksa semua asal-usul dan besarnya penerimaan negara, dari manapun sumbernya. Kedua, BPK harus mengetahui tempat uang negara itu disimpan dan untuk apa uang negara itu digunakan[1].
BPK adalah garda terdepan dalam mengawasi sekaligus mengawal terkait keuangan negara Indonesia. Integritas dan loyalitas BPK sangat berperan penting dalam mencegah dan melawan tindak kriminal yang ada di Indonesia contohnya Kasus Korupsi.
BPK merupakan salah satu lembaga pengawasan eksternal dan sebagai suatu lembaga negara yang memiliki posisi sangat tinggi sesuai UU 1945. Tugas BPK adalah pemberantasan KKN, memelihara transparansi dan akuntabilitas seluruh aspek keungan negara, untuk memeriksa semua asal-usul dan besarnya penerimaan negara dari mana pun sumbernya. BPK memiliki tugas untuk memeriksa untuk apa uang negara dipergunakan pada tiga lapis pemerintahan di Indonesia yaitu pusat, provinsi, dan kabupaten/kota. Keuangan negara Indonesia tercermin pada APBN, APBD, BUMN, BUMD, yayasan, dana pensiun, perusahaan yang terkait dengan kedinasan, serta bantuan atau subsidi kepada lembaga sosial milik swasta.
Bicara soal negara kita. Indonesia adalah negara potensial baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusia-nya. Hal inilah yang seharusnya bisa menjadi pemersatu bangsa dengan satu tujuan yaitu kesejahteraan rakyat Indonesia. Namun terkadang hal tersebut pula yang membuat “kita” terlena dan terkadang mengedepankan sifat egoisme dan individualisme serta kepentingan kelompok masing-masing tanpa menghiraukan hakikat Indonesia yang sesungguhnya yaitu kebersamaan.
 Setahun sudah kita dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla dengan Kabinet Kerja-Nya. Semua rakyat Indonesia mempunyai harapan yang sama mengharapkan kehidupan yang lebih baik.


[1] Mengenal Lebih Dekat BPK, Sebuah Panduan Populer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar